Kamis, 08 Maret 2012

Lontong Oden by An


Salah satu cara menikmati Lontong bagi An, dengan menggaet sup Oden, untuk pasangannya.




Selamat siang ibu2 host & NCCers....

Pengen ikutan NCC lontong week, lihat2 laporan NCCers asik bangat yaa... lontong pakai daun pisang, natural dan traditional!

Tapi aku tidak pernah bikin lontong. caranya juga gak tahu sama sekali, aku baca-baca resep lontong NCC berulang-ulang... setelah itu mulai latihan! pertama, lontong gak mau padat dan gak mau gemuk...padahal rebusnya lama sekali. aku pikir-pikir mungkin beras yang diisi ke dalam daun kurang banyak... besoknya coba bikin lagi...

Laporan ini hasil percobaan yang ke dua, maunya belajar bikin kuah kare khas Indonesia, tapi aku bikin lontong saja sudah keabisan tenaga .... jadi aku masukin lontong di dalam oden (ada macam2 isi di dalam dasi based soup) maaf yaa...laporannya seperti begini....tapi cocok juga makan lontong bersama oden :)

Bentuk lontongnya kurang cantik nih... bagemana caranya supaya bentuknya bagus ya...? aku akan latih lagi!

Terima kasih NCC untuk kesempatan belajar bikin lontong, kalau gak ada acara seperti ini, aku gak tahu cara menbuatnya sampai selamanya!!

♥ resep lontong dari web NCC

[Bahan] * 1 kg beras putih * daun pisang batu, secukupnya. * lidi atau tusuk gigi, secukupnya. * air untuk merebus.
[Cara] 1.Cuci beras hingga bersih, tiriskan 2. Buat selongsong lontong dengan garis tengah lk. 6 cm. Semat salah satu ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi. 3. Isi selonsong lontong dengan beras sampai ½-nya saja, lalu semat ujung lain dengan lidi juga. Lakukan hingga beras habis. 4. Tata lontong dalam panci, beri air hingga terendam. Rebus 4 s/d 8 jam. Bila air dalam panci surut, tambahkan lagi dan lanjutkan merebus. 5.Setelah lontong padat dan matang, angkat dan tiriskan dengan posisi miring atau berdiri supaya airnya tiris benar.

♥ resep oden dari cookpad.com

[bahan kuah] * air 2000ml~3000ml * 2 sendok makan saos tiram * dashi secukupnya * 1 sendok makan garam
[bahan isi] * lobak, potong besar2, direbus dulu * kentang, potong besar2 * telur, rebus * lontong^^ * kalo ada, chikuwa, hanpen, gobouten, konnyaku, etc.... pakai bakso, tahu goreng, tempe juga enak.
[cara] 1. rebus air di dalam panci besar, tambahkan saos tiram, dashi, garam. 2. masukkan semua bahan isi kecuali lontong, masak dengan api kecil hingga matang dan rasanya meresep. 3. sajikan dengan lontong, saos atau sambal sesuai selera. aku suka pakai mustard + mayones.


Terima kasih,
An
http://redredhoney.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...